Tulis yang Anda cari

Berita Featured

Pusdiklat Selenggarakan Pelatihan Teknis Sentiment Analysis

Share

Pusdiklat – Pusdiklat. Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Sentiment Analysis pada tanggal 4 s.d. 8 November 2019, di Pusdiklat Kebon Jeruk, Jakarta. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Pusdiklat, Usuluddin, pada hari Senin (4/11/2019).

Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta yang dipilih berdasarkan hasil seleksi. Masing-masing peserta berasal dari Kementerian Kominfo berjumlah 16 orang, Badan Standarisasi Nasional 1 orang, Kementerian ESDM 2 orang, Kementerian Ketenagakerjaan 2 orang, Kementerian Agama 1 orang, BPH Migas 1 Orang, LIPI 1 orang, Sekretariat DPD 1 orang, dan Badan Informasi Geospatial 1 orang. Peserta berlatarbelakang jabatan Pranata Humas, Dosen bidang Kehumasan, dan Pejabat Fungsional lain yang memiliki tugas yang berhubungan dengan Kehumasan.

Pelatihan Teknis Sentiment Analysis ini adalah untuk meningkatkan kompetensi teknis pelaku kehumasan Pemerintah dalam menganalisis media sosial dengan menggunakan aplikasi dan menyusun rekomendasi rencana aksi komunikasi secara tepat, demikian seperti yang dilaporkan oleh Ketua Panitia, RM Agung Harimurti, pada saat pembukaan. Sementara itu tujuan kompetensi khususnya adalah bahwa peserta pelatihan diharapkan, pertama, memahami isu dan opini publik dengan baik dan benar; kedua, memahami  analisis media sosial dengan baik dan benar; ketiga, menganalisis hasil media sosial dengan menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan, serta keempat, mampu menyusun rekomendasi rencana aksi komunikasi.

Pelatihan Sentimen Analysis ini terselenggara berkat dana insentif pengembangan SDM bidang Komunikasi, yang di terima oleh Pusdiklat pada bulan Agustus 2019. Dana insentif tersebut diperoleh dari Kementerian Keuangan merujuk pada status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diperoleh Kementerian Kominfo 3 tahun berturut-turut.

Walaupun pelatihan ini di rancang dalam waktu singkat, akan tetapi materi yang ditawarkan mempunyai perspektif kebaharuan dan kekinian. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Penyelenggaraan Diklat dan Sertifikasi Teknis ini memberikan materi, di antaranya: Isu dan Opini Publik, Pengantar Analisis Media Sosial, Analisis Media Sosial, Kunjungan Lapangan ke Drone 9 Kementerian Kominfo, serta pembuatan Rekomendasi Rencana Aksi Komunikasi.

Sementara ceramah berkaitan dengan materi Pelatihan direncanakan langsung diisi oleh para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Kementerian Kominfo. Materi tersebut di antaranya adalah, ragam Hukum dan Etika Komunikasi Publik, Data Driven for Government Public Relations (GPR), dan Pengembangan SDM Kehumasan menghadapi era revolusi Industri 4.0. Dalam setiap materi yang diajarkan akan di berikan pre maupun post test oleh para pengajar, sebelum dan sesudah pelajaran. Dikarenakan Pelatihan ini mendapatkan apresiasi dari banyaknya peminat yang mendaftar, serta pelatihan ini merupakan hal yang baru, maka ke depan Pelatihan ini akan diperbanyak dan menjadi agenda rutin bagi Pusdiklat Kominfo. (pusdiklat/AHP/hdn)

Tag:

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE