Tulis yang Anda cari

Berita Featured

Kepala Badan Litbang SDM Secara Resmi Membuka Latsar CPNS Golongan III Angkatan I Tahun 2021

Share

Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Hary Budiarto, saat Pembukaan Latsar CPNS Golongan III Angkatan I Tahun 2021, Rabu (31/3/2021). (ist)

Jakarta – Pusdiklat Kemkominfo. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III Angkatan I Tahun 2021. Berbeda dengan penyelenggaraan Latsar CPNS sebelumnya, pelatihan kali ini diselenggarakan melalui metode Blended Learning. Dan sehubungan dengan masih terjadinya situasi darurat kesehatan akibat pandemi COVID-19, Latsar CPNS kali ini sepenuhnya dilakukan secara daring (online).

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang SDM, Hary Budiarto, pada hari Rabu (31/3/2021) melalui video conference. Acara pembukaan turut dihadiri oleh Kepala Pusdiklat, Usuluddin, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Kominfo, serta, para pegawai Pusdiklat.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Litbang SDM menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan kewajiban yang harus diikuti bagi para CPNS selama masa percobaan. Hal tersebut sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara pasal 63.

“Pelatihan Dasar ini diselenggarakan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, serta untuk memperkuat profesionalisme dan kompetensi bidang”, terang Hary Budiarto.

Untuk angkatan I ini, peserta berjumlah sebanyak 40 orang dari berbagai Satuan Kerja di lingkungan Kementerian Kominfo. Secara umum, tahapan Latsar yang diikuti oleh Angkatan I rencananya terdiri dari:

  1. Pelatihan Mandiri melalui Massive Open Online Courses (MOOC) yang dikelola oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN), pada tanggal 8 – 30 Maret 2021
  2. Distance Learning melalui Learning Management System (LMS) Kolabjar yang dikelola oleh LAN, pada tanggal 31 Maret – 24 Mei 2021
  3. Habituasi di satuan kerja masing-masing peserta, pada tanggal 25 Mei – 7 Juli 2021
  4. Pembimbingan dan Evaluasi, kembali melalui LMS Kolabjar yang dikelola oleh LAN, pada tanggal 8 – 14 Juli 2021

(Pusdiklat/sn/hdn)

Kepala Pusdiklat Kementerian Kominfo, Usuluddin, saat Pembukaan Latsar CPNS Golongan III Angkatan I Tahun 2021, Rabu (31/3/2021). (ist)

Tag: