Tulis yang Anda cari

Berita Featured

Tantangan Makin Berat, Pranata Humas Jangan Mau Jadi Yang Tertinggal

Share

Penutupan Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH) Tingkat Keahlian Angkatan II Tahun Anggaran 2021 pada hari Selasa (6/4/2021), secara daring. (ist)

Jakarta – Pusdiklat Kemkominfo. “Tantangan Makin Berat, Pranata Humas Jangan Mau Jadi yang Tertinggal,” demikian sekelumit isi pesan yang disampaikan oleh Koordinator Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan dan Sertifikasi Fungsional, Hendratno, mewakili Kepala Pusdiklat Kementerian Komunikasi dan Informatika, saat upacara Penutupan Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH) Tingkat Keahlian Angkatan II Tahun Anggaran 2021 pada hari Selasa (6/4/2021), secara daring.

Hal ini tidak terlepas dari dinamika sosial yang berkembang saat ini, di mana penggunaan perangkat komunikasi semakin jamak, koneksi internet semakin baik, serta ruang bagi masyarakat untuk mengekspresikan diri dan pemikirannya semakin luas. Perkembangan tersebut pada akhirnya memberikan pengaruh terhadap bagaimana masyarakat menilai kinerja pemerintah dan pengelolaan pemerintahan, baik yang berdampak langsung maupun tidak terhadap mereka.

Berdasarkan hasil penilaian terhadap peserta selama proses pembelajaran, seluruh peserta dinyatakan lulus, dengan kualifikasi baik sekali 19 orang, dan kualifikasi baik 1 orang. Tiga orang peserta berhak memperoleh piagam penghargaan sebagai peserta terbaik. Peringkat pertama diraih oleh Lydia Agustina Marida dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, peringkat kedua oleh Riska Andina Husandani dari Pemerintah Kota Tegal, dan peringkat ketiga Dewi Indah Ayu Diantiningrum dari Kementerian Agama.

Dalam kesan dan pesan, perwakilan alumni menyampaikan rasa bahagia mereka karena dapat mengikuti Pelatihan ini, mengingat masih banyak calon dan Pejabat Pranata Humas yang masih harus menunggu untuk dapat mengikuti Pelatihan. Selain itu, mereka dapat memperoleh banyak ilmu dan wawasan dari tenaga-tenaga pengajar yang mengampu, serta berkenalan dengan sesama Pejabat Fungsional Pranata Humas dari berbagai instansi pemerintah, baik di pemerintahan pusat maupun daerah.

Dengan berakhirnya Pelatihan Pembentukan JFPH Tingkat Keahlian Angkatan II Tahun 2021 merupakan awal baru bagi alumni, di mana mereka akan menghadapi berbagai hal-hal yang tidak ideal, namun harus mampu dikelola dengan baik sehingga pelayanan informasi dan kehumasan tetap berjalan dengan baik. (pusdiklat/vy/rr/hdn)

Tag: