Tulis yang Anda cari

Berita Featured

Pranata Humas Dituntut untuk Menguasai TIK dalam Pelaksanaan Tugas Pelayanan Informasi dan Kehumasan

Share

Penutupan Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH) Tingkat Keterampilan Angkatan I Tahun 2021 pada hari Rabu (18/8/2021).

Jakarta – Pusdiklat Kemkominfo. Plt. Kepala Pusdiklat Kominfo, Isnaldi, secara resmi menutup Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH) Tingkat Keterampilan Angkatan I Tahun 2021 pada hari Rabu (18/8/2021). Pelatihan Pembentukan JFPH Tingkat Keterampilan ini diselenggarakan kembali sejak tahun 2017. Dan sekaligus untuk pertama kalinya dilaksanakan secara daring mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Pusdiklat Kemkominfo menyampaikan bahwa perkembangan teknologi semakin pesat, ditambah dengan dorongan dari kondisi tidak biasa yang mengharuskan penguasaan perangkat keras dan lunak untuk dapat menyelesaikan tugas jabatan. Hal ini juga berlaku bagi Pejabat Fungsional Pranata Humas Kategori Keterampilan yang tidak bisa sekedar menggunakan cara-cara lama dan melakukan pekerjaan sebagaimana biasanya (business as usual).

“Pelayanan informasi dan kehumasan saat ini membutuhkan gerak cepat untuk dapat menyampaikan program-program pemerintah, terutama yang berkaitan dengan penanganan pandemi COVID-19. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bisa menjembatani kebutuhan tersebut, di mana Pranata Humas Kategori Keterampilan dituntut untuk update dengan perkembangan teknologi”, ujar Isnaldi yang juga Arsiparis Ahli Madya tersebut.

Dalam pelaksanaan pelatihan kali ini, 23 orang peserta dinyatakan lulus dan 1 orang masih ditunda kelulusannya karena kondisi darurat, yakni dalam kondisi positif COVID-19. Tiga orang peserta yang memperoleh peringkat terbaik, yakni Adhy Mahardika dari Pemerintah Kota Yogyakarta, Wara Merdekawati dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dan Natasya Kusuma Putri dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Sebelum kegiatan penutupan, dilakukan evaluasi penyelenggaraan Pelatihan sebagai bagian dari penyelenggaraan dan menemukenali hal-hal yang dapat ditingkatkan untuk penyelenggaraan angkatan berikutnya. Dari hasil pengolahan terhadap respons yang diberikan oleh peserta terhadap kuesioner evaluasi penyelenggaraan Pelatihan, didapatkan bahwa tingkat kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan Pelatihan sangat tinggi. Hal ini menjadi apresiasi bagi seluruh civitas Pusdiklat Kemkominfo dan pemangku kepentingan lain yang terlah memberikan kontribusi bagi penyelenggaraan Pelatihan. (rr/hdn)

Tag: